-->

Ayo Cek, Asli atau Palsu, Cara Mudah Cek HP Asli atau Palsu

- 9/27/2017
Cara Mudah Cek HP Asli atau Palsu - Penting bagi kita untuk tahu apakah sebuah HP asli atau palsu. Hal ini agar kita tidak tertipu oleh para penjual nakal yang menjual barang kualitas tiruan tapi ngaku-ngaku menjual barang asli. Jelas hal ini sangat merugikan.

Tentu anda tidak ingin tertipu kan? Untuk itu mari kita ketahui bagaimana cara mengecek sebuah HP asli atau palsu.

Cara mengetahui sebuah HP asli atau palsu sangat mudah. Yaitu melalui identifikasi IMEI yang terdapat pada setiap produk HP.

IMEI adalah nomor unik yang dimiliki oleh setiap HP dan tidak dimiliki oleh HP lainnya. Artinya, tidak akan ada IMEI sama untuk dua atau lebih HP yang berbeda. Bisa disimplulkan bahwa IMEI adalah nomor identitas dari sebuah HP.

Baca Juga : Fungsi Nomor IMEI Yang Perlu Anda Ketahui

Nah ternyata, nomor IMEI ini bisa untuk dijadikan sebagai alat identifikasi. Yaitu untuk mengidentifiaksi apakah sebuah HP paslu atau tidak. Lalu bagaimana cara mengetahui IMEI sebuah HP dan menggunakannya untuk mengidentifikasi apakah HP tersebut asli atau palsu?

Untuk mengetahui IMEI dari sebuah HP sangat mudah, karena IMEI bukan nomor rahasia yang harus dirahasiakan. Jadi siapa saja bisa mengetahui nomor IMEI dari sebuah HP.

Secara fisik nomor IMEI tertera pada box HP, lihat gambar berikut ini.

Lha itu kan kalau beli HP baru atau beli HP yang masih ada boxnya. Kalau beli HP second yang sudah tidak ada boxnya bagaimana? Tenang nomor IMEI juga tertera pada body HP tepatnya di bawah baterai.

Nah itu kalau stikernya masih ada, kalau sudah gak ada gemana?

Hehehe.... tenang saja. Selain IMEI dapat dilihat secara fisik, nomor IMEI juga bisa dilihat pada HP dengan cara mengetik kode *#06# layaknya akan menelpon. Dengan mengetikan kombinasi tombol tersebut maka nomor IMEI akan muncul seperti gambar di bawah ini.


Oke, sekarang sudah tahu cara mengeathui nomor IMEI dari sebuah HP. Terus bagaimana cara menggunakan nomor IMEI untuk mengidentifikasi apakah sebuah HP asli atau palsu. Caranya, yaitu dengan mencari tahu apakah IMEI tersebut terdaftar atau tidak.

Dimana cari tahunya?
Untuk cek IMEI apakah terdaftar atau tidak, silakan anda kunjungi http://www.imei.info, kemudian anda akan melihat halaman seperti ini.

Silakan anda masukkan nomor IMEI, kemudin beri tanda ceklis pada I'm not a robot dan klik Check. Jika HP xiaomi anda asli maka akan muncul informasi detail dari HP anda. Kalau ternyata data detail dari HP anda tidak keluar atau keluar tapi tidak sama dengan HP yang sedang anda pegang, itu artinya HP anda palsu. Berikut adalah screen shoot hasil cek IMEI pada situs tersebut.



Tapi sayang, sepertinya situs ini dalam mengidentifikasi IMEI kurang akurat. Pada beberapa merk HP, tidak berjalan dengan semestinya.

Bagi anda yang ingin cek keaslian HP xiaomi sebaiknya gunakan situs resmi dari xiaomi, silakan kunjungi alamat ini http://www.mi.com/verify/#imei_en. Anda akan melihat halaman seperti di bawah ini.


Silakan masuukkan nomor IMEI dan serial number dari HP xiaomi anda, masukkan kode captcha dan klik verify. Jika HP xiaomi anda asli maka anda akan segera melihat informasi detail dari HP xiaomi anda. Sebaliknya, jika HP xiaomi anda palsu maka tidak akan ada data yang muncul justru akan ada pemberitahuan Your IMEI doesn't exist, please verify and enter again 

Nah itulah cara mengetahui HP paslu atau tidak, sangat mudah dan sangat penting untuk diketahui. Apalagi bagi anda yang suka dengan HP dari merek-merek kelas atas, harus hati-hati karena banyak sekali orang-orang nakal yang membuat tiruan pada produk-produk tersebut. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan keuntungan besar denagn modal minimal.
 

Start typing and press Enter to search