-->

Cara Agar Smartphone Android Jadi Modem Internet Komputer atau Laptop

- 7/21/2015
Cara Agar Smartphone Android Jadi Modem Internet Komputer atau Laptop | Mengkses internet sekarang ini bisa menggunakan gadget yang hanya sebesar genggaman. Smartphone menjadikan akses terhadap internet menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sepanjang masih ada sinyal dari sim card dan kuota internet tentunya. Namun meskipun demikian, pada kenyatannya tidak semua kegiatan online bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Ada beberapa pekerjaan online yang akan lebih nyaman kalau menggunakan komputer atau laptop.

Kalau harus membeli modem yang khusus untuk laptop mungkin akan membuat biaya koneksi internet membengkak, karena harus mebiayai dua sim card. Nah bagi anda yang ingin berhemat maka anda bisa menjadikan smartphone sebagai modem untuk laptop atau komputer. Dengan demikian anda bisa mengakses internet lebih nyaman dengan biaya koneksi internet terintegrasi dengan biaya internet smartphone anda. Artinya anda tidak harus membayar dobel biaya koneksi internet.

Baca Juga : 10 Kode Rahasia HP Android Yang Penting Untuk Anda

Bagaimana cara menjadikan smartphone android sebagai modem internet ? berikut langkah-langkahnya :
1. Anda harus memastikan beberapa hal berikut sudah sesuai :
  • Smartphone android masih memiliki kuota internet sesuai paket yang diambil
  • Kabel data untuk menghubungkan smartphone dengan komputer atau laptop
  • Komputer atau laptop yang ter-install driver smartphone yang Anda miliki
2. Selanjutnya, ikuti prosedur berikut :
  • Jangan lupa aktifkan dulu sambungan data internet yang ada pada smartphone android
  • Sambungkan smartphone android ke laptop dengan menggunakan kabel data, pastikan Windows mendeteksinya
  • Kemudian, masuk ke menu Settings >> Wireless and Networks >> Tethering and Portable Hotspot >>kemudian  USB Tethering, lakukan centang.
  • Tunggu sesaat hingga pada ‘USB Tethering‘ terdapat tulisan ‘Tethered‘ ,  dan tunggu sampai komputer atau laptop anda terkoneksi dengan internet.

Catatan penting :
Cara menjadikan smartphone menjadi modem laptop adalah solusi dari laptop dan smartphone yang tidak bisa terhubung dengan wifi. Artinya baik laptop maupun smartphone belum dilengkapi dengan wifi. Tapi jika sudah dilengkapi dengan wifi maka untuk bisa mengakses internet menggunakan koneksi internet sim card pada smartphone tidaklah serumit ini.

Yang perlu Anda lakukan hanya masuk ke menu Settings >> Tethering and Portable Hotspot >> centang Portable Wi-Fi HotSpot. Bahkan, di beberapa smartphone android sudah tersedia “ikon hotspot”, Anda hanya tinggal sentuh, dan aktifkan.  Setelah itu, secara otomatis smartphone Android akan memancarkan sinya WiFi , dan untuk terhubung dengan komputer atau laptop Anda tinggal  mengakses melalui “wireless internet connection” .
 

Start typing and press Enter to search