-->

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Membaca Flashdisk OTG

- 4/11/2018
Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Membaca Flashdisk OTG - USB OTG, adalah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain.

Dalam penggunannya pada smarthone android, USB OTG atau Flashdisk OTG bisa diartikan secara sederhana, yaitu alat yang berfungsi untuk menghubungkan smartphone android dengan flashdisk. Tujuannya adalah agar data yang ada dalam flashdisk bisa terbaca oleh android. 

Namun sayang, tidak semua perangkat android bisa membaca flashdisk OTG. Hal ini disebabkan banyak hal, bisa terjadi karena memang HP android anda tidak mendukung USB OTG atau format file system dari flasdisk anda tidak didukung oleh HP android anda.

Baca Juga : Cara Agar Android Bisa Bicara, Membaca Pesan dan Halaman Web

Kalau HP android anda memang tidak mendukung USB OTG, mau diapain juga tetap tidak akan bisa membaca flashdisk OTG. Karena memang beberapa USB OTG tidak bisa terbaca di merk HP android tertentu dan pada sistem operasi tertentu. Misal tidak terbca di HP android Lollipop, marsmellow, dan nougat atau tidak bisa terbaca di beberapa merk HP, misal Mito, Advance dan Evercoss.

Nah jika HP android anda sudah bisa terhubung dengan USB OTG, tapi masih tidak bisa membaca data dalam flasdisk, ada kemungkinan HP android anda tidak mendukung File Sistem yang ada dalam flashdisk tersebut. Secara umum, OS Android tidak akan bisa membaca flashdisk dengan file sistem NTFS dan exFAT. Untuk itu anda harus merubah dulu, file sistem flasdisk tersebut.


Ubah Format Flasdisk Agar Terbaca OTG Android

Cara yang pertama harus anda lakukan agar flasdisk terbaca di OTG android adalah merubah format file sistem flashdisk anda. Untuk melakukan ini membutuhkan bantuan komputera atau laptop. Silakan anda colokkan flashdisk ke komputer atau laptop kemudian klik kanan pada flashdisk tersebut dan klik Format.

Baca Juga : Spesifikasi Vivo V9 Indonesia Terbaru, Lengkap Dengan Harga

PERHARIAN !!!
Jika flashdisk anda berisi data-data penting, silakan backup terlebih dahulu. Karena dengan melakukan formating, semua data dalam flashdisk akan terhapus.

Setelah klik format, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Silakan pada file System anda pilih FAT32 (Default).
Setelah memilih file system FAT32 (Default) silakan klik Start, tunggu beberapa saat sampai ada pesan proses formating sudah selesai.

Sekarang silakan anda coba menghubungkan flasdisk anda pada USB OTG anda. Jika memang HP android anda suport USB OTG, maka sekarang HP android anda sudah bisa membaca data dalam flashdisk. Anda bisa mengcopy data dari flashdik ke HP android atau sebaliknya.

Baca Juga : Cara Cek Kuota Internet Semua Operator Seluler


Solusi Jika HP Android Tidak Suport USB OTG

Jika HP android anda tidak suport USB OTG, anda bisa mencoba cara di bawah ini agar HP android anda bisa terhubung dengan USB OTG.

  1. Install aplikasi USB OTG Helper yang bisa anda dapatkan di Google Play Store.
  2. Anda juga harus menginstall aplikasi Es File Explorer yang bisa anda dapatkan dengan gratis di Play Store. Aplikasi ini perlu anda install apabila perangkat eksternal yang ingin anda koneksikan berupa perangkat penyimpanan seperti flashdisk, hardisk dan sebagainya.
  3. Kemudian pasanglah kabel OTG ke HP android yang telah terpasang juga pada perangkat eksternal.
  4. Setelah itu akan ada pemberitahuan “USB Storage has been Connected”
  5. Jika anda mengoneksikannya pada perangkat penyimpanan, maka selanjutnya anda bisa membuka aplikasi Es File Explorer yang telah di install tadi kemudian masuk ke pilihan “Lokal” dan pilih “USB Drive A” maka ada bisa melihat seluruh file yang tersimpan pada flashdisk atau hardisk anda.
  6. Bila yang anda sambungkan bukanlah perangkat penyimpanan, melainkan perangkat eksternal lainnya seperti joystick, mouse atau headphone biasanya akan terjadi kegagalan yang ditandai dengan tidak munculnya notifikasi pada status bar.
  7. Langkah penyelesaiannya adalah anda bisa mendownload dan install aplikasi Stickmount pada Google Play Store. Setelah itu buka aplikasi dan pilih opsi “Mount” yang selanjutnya diiringi dengan mencolokkan kabel OTG ke smartphone. Jika notif pada status bar kemudian muncul, maka anda sudah bisa memulai menggunakan perangkat eksternal tersebut.
 

Start typing and press Enter to search