Cara Mengubah TV Analog Menjadi TV Digital Untuk Mendapatkan Siaran TV Digital Gratis

Cara Mengubah TV Analog Menjadi TV Digital Untuk Mendapatkan Siaran TV Digital Gratis | TV analog adalah tv yang paling banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini kerana TV analog lebih murah, dan pastinya untuk menonton siaran televisi tidak perlu bayar alias gratisan. Namun, kelemahan dari TV analog ini adalah kualitas gambar dan suara yang buruk jika dibandingkan dengan siara TV digital. Kualitas gambar dan suara TV digital yang biasa dinikmati dengan menggunakan parabola ataupun beralngganan TV cabel lebih jernih. Namun tentu saja anda harus mengeluarkan biaya lebih mahal.

Misal, jika anda ingin menikmati siara TV digital menggunakan parabola maka harus membeli perangkat parabola dan receiver yang harganya bisa mencapai 3 jutaan untuk satu set, sedangkan untuk menikmati TV kabel maka anda harus membayar iuran wajib setiap bulannya. Karena mahalnya biaya untuk menikmati TV digital maka hanya bisa dinikmati masyarakat kelas atas saja. Sedangkan kelas menengah ke bawah harus puas dengan TV analog dengan gambar yang banyak semutnya dan suara yang gemeresek.

Baca Juga : Cara Nonton TV Digital Di Android Tanpa Internet Tanpa Pulsa

Namun sekarang kalangan masyarakat menengah ke bawah juga bisa menikmati siaran TV digital dengan biaya murah. Bahkan anda bisa menikmati TV digital dengan menggunakan TV analog anda. Perlu kita ketahui bahwa saat ini ada tiga sistem siara televisi, yaitu Siaran tv digital yang dipancarkan lewat kabel (cable TV) sistem penyiarannya dinamakan DVB-C (Digital Video Broadcasting-Cable). Siaran tv digital yang dipancarkan lewat satelit dinamakan DVB-S (Digital Video Broadcasting-Sattelite). Sedang siaran tv digital lewat darat (tanpa parabola) dinamakan DVB-T (Digital Video Broadcasting-Terrestrial), untuk Indonesia menggunakan standar DVB-T generasi ke-dua (DVB-T2).
 
Siaran TV digital lewat darat yaitu stasiun TV memancarkan sinyal TVdigital lewat pemancar atau relay pemancar, diterima antenaUHF/VHF  dan nikmati. Dengan cara ini maka siaran TV digital bisa dinikmati tanpa harus berlangganan dan tanpa harus menggunakan prabola. Jadi kondisinya sama seperti nonton TV zaman dulu, beli TV + antena UHF/VHF, bahkan antena dalam rumah (indoor).


Namun tentu saja, untuk bisa menikmat siara TV digital tanpa langganan dan parabola tersebut pesawat televisi anda harus sudah suport dengan atau sudah bisa menerima sinyal TV digital DVB-T2. Meskipun penjual TV LCD/LED mengklaim televisinya sudah digital, belum tentu sudah suport dengan DVB-T2, karena mungkin TV tersebut baru memiliki teknologi DVB-T, sedangkan sekarang berdasarkan kajian dan konsultasi dengan pelaku industri penyiaran, akhirnya sepakat mengganti standard penyiaran digital dari DVB-T ke DVB-T2 dan ditetapkan dalam Peraturan Men Kom Info No: 5 th 2012

Merubah TV Analog Menjadi TV Digital

Agar anda tetap bisa menikmati siaran TV digital dengan menggunakan televisi analog, maka anda harus memiliki alat yang berfungsi untuk menerima sinyar siaran TV digital DVB-T2. Alat ini disebut Set Top Box DVB-T2. Caranya sangat mudah, silakan anda beli alat tersebut di toko elektronik terdekat kemudian pasang di rumah anda. Antena UHF/VHF yang biasa dicolokkan ke pesawat TV sekarang di colokkan ke Set Box DVB-T2, kemudian pasang kabel Video dan Audio dari DVB-T2 ke pesawat televisi anda layaknya memasang CD/DVD Player atau memasan receiver parabola ke televisi. Nah, dengan cara ini maka anda sudah bisa menikmati siaran televisi digital tanpa harus berlangganan dan tanpa harus membeli parabola.
mengubah tv analog menjadi tv digital

Baca Juga : Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Kualitas Bagus Dengan Antena UHF

Berapa Harga Set Box DVB-T2

Saat ini, Set Box TV DVB-T2 sudah tersedia di berbagai toko elektroni dengan pilihan berbagai macam merk dan harga. Sebagai referensi, berikut saya share daftar harga Set Box DVB-T2 dari beberapa merk.

1.  Polytron
Set top box Polytron merupakan set top box asli buatan Indonesia. Harga dipasaran sekitar 400-500rb an. Sejak pertama kali beredar dipasaran pada tahun 2014 hingga sekarang, harga polytron selalu stabil (tidak mengalami kenaikan atau penurunan yg signifikan), untuk tipe dan model juga tidak mengalami perubahan.

2. Skybox
Merk ini adalah set top box terlaris saat ini. Harga lumayan murah sekitar 300rb an. Merk ini merupakan produk China. Set top box skybox sendiri terdiri hanya satu jenis yaitu tipe DVBT2 H-1. Namun hingga saat ini sudah mengalami perubahan tampilan sebanyak 3 kali.

3. Venus
Set top box venus merupakan salah set top box dengan usia yang paling muda. Baru muncul sekitar akhir tahun 2105. Venus merupakan produk yang terkenal di dunia parabola. Venus adalah produk asli Indonesia. Harga set top box ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan skybox. Namun tetap berada di kisaran Rp 300rb an.

4. Ichiko
Ini merupakan set top box yang baru muncul pada tahun 2016.  Merk Ichiko merupakan pemain lama di dunia media player dengan harga murah. Harga set top box ichiko termasuk yang paling murah sekitar IDR 200.000 – IDR 300.000.

Demikian cara mengubah TV analog menjadi TV digital agar anda bisa menikmat siara TV digital tanpa harus berlangganan dan tanpa harus beli parabola. Dengan cara ini siara TV digital bisa dinikmati dirumah anda dengan biaya sangat murah dan tanpa harus membeli televisi baru. Siara televisi dengan kualitas gambar dan audio terbaik bisa anda nikmati di rumah berbsama keluarga. Selama mencoba.