-->

Tips dan Trik WhatsApp Yang Wajib Anda Tahu

- 6/26/2016
Tips dan Trik WhatsApp Yang Wajib Anda Tahu | Tips dan trik WhatsApp adalah cara-cara rahasia mengeloma WhatsApp yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. WhatsApp memang terus naik daun, banyak para pengguna smartphone menginstal WhatsApp sebagai salah satu alternatif tetap terhubung dengan komunitas mereka secara daring (online). Anda yang membaca artikel ini, mungkin juga salah satu pengguna WhatsApp. Namun tahukan anda bahwa WhatsApp memiliki tips rahasia yang mungkin belum anda ketahui. Apa saja itu? Mari kita simak bersama.


9Tips Rahasia WhatsApp Yang Harus Anda Tahu

1. Cara menghilangkan centang biru pada WhatsApp

Jujur saja, sebagian dari kita pasti pernah mengalami yang namanya dianggap sombong gara-gara tidak segera membalas pesan WhatsApp yang sudah kita baca. Padahal, belum tentu kita sedang pada posisi longgar yang bisa dengan segera membalas pesan tersebut. Misalnya, kita sedang ada pada posisi meeting ataupun sedang menyetir di jalan. Faktanya, si pengirim pesan (umumnya pacar-red) tidak mau tahu apa alasan kita tidak segera membalas pesan mereka.

Sejak kehadirannya, centang biru memang membuat dunia seakan berubah. Kita tidak seleluasa sebelumnya yang bisa mengatur waktu yang tepat untuk membalas pesan. Namun kini, kita bisa mengatur untuk menghilangkan warna biru pada double-ticks tanda pesan terlah terbaca pada WhatsApp.

Cara menghilangkan centang warna biru pada WhatsApp adalah masuk ke menu Setting -> Account -> Privacy kemudian hilangkan centang pada pilihan Read Receipts.


 Setidaknya dunia terselamatkan bagi kamu yang super sibuk, bukan?


2. Cara mengetahui pesan anda sudah dibaca

Cara sangat ampuh untuk mengetahui apakah pesan yang anda kirim sudah dibaca atau belum. Anda akan megnetahui detail kapan pesan tersebut dibaca dan siapa yang membaca. Untuk bisa melakukan hal tersebut ternyata sangat mudah, cukup tap dan tahan beberapa saat pesan kamu yang ingin kamu ketahui detail informasinya, kemudia tekan tombol info yang muncul di atas.


trik mengetahui pesan sudah terbaca whatsapp
Maka anda akan tahu kapan pesanmu terkirim dan dibaca. Bagi yang suka bermain dengan WhatsApp Group, anda dengan mudah tahu siapa saja temanmu yang suka silent reader


3. Cara menyembunyikan Last Seen, Profile Photo dan Status WhatsApp

Cara ini memiliki korelasi dengan tips trik WhatsApp nomor 1. Mungkin anda tidak ingin selalui diawasi. Caranya adalah dengan menyembunyikan status online atau last seen WhatsApp . Cara menyembunyikan status online pada whatsapp ini juga merupakan tips yang paling banyak dicari para pengguna WhatsApp. Hmmm.... ternyata banyak cara pengguna WhatsApp yang suka merahasiakan statusnya. hehe...

Dengan cara di atas anda bisa menghindari omelan, mungkin pacara anda yang sering ngomel dengan berkata “Last Seen jam sekian tapi pesanku kok gak dibalas!!”. Nah, itu sangat tidak nyaman kan? Dengan menyembunyikan last seen WhatsApp dapat membuat ketenangan bagi anda. Begitu pula untuk Profile Photo dan Status, anda juga bisa menyembunyikannya atau memilih kepada siapa saja profile WhatsApp anda dapat dilihat.


Cara menyembunyikan Last Seen WhatsApp
Caranya mudah, masuk ke Setting -> Account -> Privacy. Disitu akan muncul pengaturan untuk Last Seen, Profile Photo dan Status yang bisa kita pilih kepada siapa saja dapat dilihat baik ke semua orang, kontak anda saja atau bahkan tidak kepada siapapun.


Khusus untuk profile photo ini, anda bisa gunakan untuk melindungi dirimu jika anda berada atau join pada sebuah Group Besar yang belum semuanya anda kenal. Sayangnya, tidak ada pengaturan untuk menyembunyikan nomor handphone anda

4. Cara mematikan notifikasi Group WhatsApp

Mungkin anda adalah pengguna WhatsApp dengan mengikuti banyak group. Misal mengikuti gorup alumni SD, group alumni, SMP, SMP bahkan sampai group teman-teman masa kuliah. Belum lagi group komunitas yang mungkin sesuai dengan hobi anda. Intinya anda mengikuti banyak group. Kita tahu bahwa setiap ada aktifitas pada sebuah gorup yang kita ikut maka akan ada notifikasi atau pemberitahuan kepada kita berupa suara. Nah, bayangkan jika anda mengikuti banyak group yang semua anggota aktif bahkan cenderung cerewet. Maka hampir setiap detik anda akan dibuat bising dengan notifikasi dari group WhatsApp tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan tips trik WhatsApp cara mematikan notifikasi group WhatsApp. Caranya juga sangat mudah, silakan anda tap dan tahap pada grup yang anda ikuti. Maka anda akan mendapatkan pilihan untuk menonaktifkan notifikasi atau mute dari gorup tersebut. Pilihan yang bisa anda ambil adalah selama 8 jam, satu hari, satu minggu bahkan satu tahun.


Cara menonaktifkan notifikasi Group
Apakah anda akan ketinggalan info dari group yang anda ikuti? Tidak, anda hanya tidak mendapatkan notifikasi suara saja, sedangkan setiap update yang terjadi apda group anda tetap bisa mengikutinya.

5. Membuat Shortcut pada Conversations WhatsApp

Conversations WhatsApp adalah jalan pintas untuk menuju sebuah percakapan. Anda bisa membuat shortcut conversations pada percakapan yang sering anda lakukan. Misal percakapan dengan suami/istri, pacar atau orang tua. Tujuannya untuk mempercepat masuk pada percakapan yang sering anda lakukan tersebut. Jadi tidak perlu buka tutup WhatsApp yang membutuhkan waktu cukup lama.  Anda bisa langsung menuju pada percakapan hanya dengan satu klik dari home screen smartphone anda.


Membuat shotcut percakapan WhatsApp
Cara membuatnya sangat mudah, tap dan tahan percakapan kalian, kemudian pilih Add Chat Shortcut.

6. Cara mengetahui lokasi teman sebenarnya

Mungkin anda sering tertipu dengan kebohongan tema anda. Misal memberikan informasi kepada anda sedang OTW, padalah sebenarnya baru bangun tidur. Nah, dengan cara ini anda bisa mengetahui lokasi teman anda sebenarnya. Caranya dengan mengaktifkan fitur Share Locations. Tips mengetahui kebohongan teman anda adalah dengan mengamati maps yang muncul.

Jika yang muncul adalah maps dengan pin merah menancap di lokasi, berarti teman anda benar-benar menggunakan lokasi GPS aslinya. Namun apabila yang terkirim adalah maps dengan gambar jalan yang terdapat pin merah tepat pada jalan raya tersebut, patut anda curigai bahwa temanmu menulis secara manual lokasi tempat dia berada, yang artinya bisa jadi dia bohon.WhatsApp Share Locations ini sebenarnya sangat cocok untuk kita yang sedang mempunyai janji di sebuah tempat baru yang belum pernah kita kunjungi.

7. Membuat Broadcast privat

Broadcast sangat bermanfaat untuk menyebarkan informasi kepada banyak teman secara cepat. Misal untuk kebutuhan undangan, pemberitahuan informasi penting sampai pada urusan promosi. Dengan broadcast maka pesan atau informasi akan menyebar dengan cepat dan tertarget. Caranya tap menu pada pojok kanan atas, kemudian pilih New Broadcast. Setelah itu, tekan tombol add lalu pilih kontak teman atau sahabat yang akan kamu berikan pesan berantai.


Cara membuat broadcast WhatsApp


8. Membuat Backup Conversations WhatsApp

Tips trik WhatsApp ini sangat penting bagi anda. Mungkin suatu waktu anda melakukan percakapan yang penting dengan seseorang dan anda tidak ingin kehilangan percakapan penting tersebut. Anda bisa melakukan backup pada percakapan tersebut.


Membuat custom notifications
Untuk membackup percakapan pada WhatsApp, maka aplikasi ini menyediakan fituru untuk mem-backup semua percakapan. Cara membuat Backup Conversations sangat mudah, cukup tap dan tahan percakapan yang ingin anda backup. Manfaatkan menu Email Conversations untuk mengirim percakapan anda melalui email dan menyimpannya di email.


9. Mengganti nomor WhatsApp sementara
Mengganti nomor pada WhatsApp terkadang sewaktu-waktu dibutuhkan, misal pada saat anda di luar negeri atau sedang piknik ke daerah yang belum tercover oleh provider kartu selular yang anda gunakan. Anda bisa berpindah sementara ke provider lain. Caranya dengan menggunakan fitur Change Number. Fitur ini dapat digunakan untuk mengganti nomor WhatsApp dengan nomor baru tanpa harus mendaftarkan nomor baru ke WhatsApp. Dengan demikian, anda tetap dikenali oleh teman anda karena masih menggunakan akun yang sama (bukan akun baru) selain itu anda juga tidak kehilangan kontak teman-teman anda. Caranya pilih menu setting -> Account -> Change Number -> Masukkan nomor lama dan nomor baru yang akan kamu gunakan.


Mengganti nomor WhatsApp tanpa register baru
Nah itulah tips dan trik WhatsApp yang wajib anda ketahui dan pastinya sangat bermanfaat untuk anda. Silakan bookmark halaman ini agar pada saat anda membutuhkan salah satu tips trik WhatsApp ini maka anda bisa dengan cepat membukanya.
 

Start typing and press Enter to search