-->

Tips Meningkatkan Kecepatan RAM Smart Phone Android

- 2/21/2016
Tips Meningkatkan Kecepatan RAM Smart Phone Android | Smart phone android hampir sama dengan komputer, laptop, tablet ataupun perangkat komputasi lainnya. Ada beberapa hal yang mempengaruhi performa dari sebuah alat komputasi termasuk smart phone, yaitu processor, vga, RAM dan daya tampung dari drive.

Selain dipengaruhi oleh perangkat atau hardware yang tertanam di dalamnya, performa komputer juga dipengaruhi dengan aplikasi yang berjalan, widget apa saja yang dipasang sampai dipengaruhi dengan adanya virus yang menginfeksi smart phone. Tapi kalau pengaruh ini sudah diyakini tidak ada, sedangkan smart phone masih tetap lambat itu artinya anda harus menambah kecepatan RAM smart phone anda.

Untuk menambah kecepatan RAM smart phone android ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Ada tiga tahapan yang harus dilakukan. Berikut adalah tahapan-tahapan cara menambah kecepatn RAM smart phone android.

3 Langkah Cara Menambah Kecepatan RAM Smart Phone


Melakukan Konfigurasi pada Aplikasi Swapper

Tahapan pertama adalah menginstal aplikasi Swapper. Aplikasi ini berfungsi untuk menambahkan virtual memory, memory inilah yang akan membantu kinerja RAM. Sebaiknya memory yang digunakan kemampuan Read/Write nya tinggi.
menambah ram android dengan Swapper
Silakan anda instal aplikasi ini melalui google play. Setelah selesai mengintalnya langsung aja jalankan aplikasi Swapper, kemudian lakukan konfigurasi dengan cara berikut :
  • Aktifkan opsi Active Swap on Boot.
  • Di bagian Swap File Position, pilihlah opsi SD Card FAT Partition.
  • Di bagian Swap File Size, masukkan nilai yang akan dipakai untuk virtual memori, misalnya saja 1000MB.
  • Simpan pengaturan ini.

Melakukan Konfigurasi pada Aplikasi SD Booster

Aplikasi berikutnya untuk membantu menambah kecepatan RAM smart phone android adalah aplikasi SD Booster. Silakan anda instal di smart phone anda. Aplikasi SD Booster merupakan sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan SD Card untuk membaca dan menuliskan data. Aplikasi SD Booster ini mendukung hampir semua jenis SD card, berjalan otomatis saat booting dan tidak hanya meningkatkan internal card tetapi juga eksternal card.
menambah ram android Sdbooster
Agar mendapatkan performa terbai dari smart phone anda dengan bantuan aplikasi SD Booster, setelah selesai menginstal silakan lakukan konfigurasi berikut ini :
  • Isikan nilai di kolom Cache Size,misalnya saja, 2048. Nilai cache yang direkomendasikan adalah 1024 atau 2048. Sedangkan nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) menunjukkan nilai cache yang digunakan saat ini.
  • Jika sudah aktifkan pilih Set On Boot, fungsinya agar nilai cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkat Anda mengalami restart.

Menambahkan File Juwe RAM Script

Tahap terakhir untuk menamhah RAM smart phone adalah dengan menambahkan file Juwe RAM Script yang berfungsi mengatur RAM. Untuk memudahkan anda dalam menambahkan file Juwe RAM Scrtip silakan instal aplikasi RAM Manager Pro di smrat phone anda. Aplikasi RAM Manager Pro ini memiliki user interface dan pengaturan-pengaturan yang lebih lengkap dan mudah digunakan.
menambah ram android dengan Ram manager pro
Silakan anda ikut langkah menambahkan file Juwe RAM script berikut ini.
  • Pertama-tama download file Juwe RAM Script.
  • Kemudian ekstrak file tersebut.
  • Pindahkan file ke dalam direktori init.D di folder System/etc.
  • Selanjutnya ubah setting permission menjadi rwxr-xr-x.
  • Terakhir lakukanlah langkah restart pada perangkat Anda.
  • Setelah langkah terakhir selesai dilakukan, seharusnya perangkat Anda bisa berjalan dengan lebih cepat. Anda bisa mengetesnya dengan memainkan game-game berat seperti game-game HD.
Tips meningkatkan kecepatan RAM smart phone android ini cocok bagi anda yang memiliki smart phone dengan kapasitas RAM terbatas. Dengan menjalankan tiga langkah meningkatkan kecepatan RAM smart phone diatas maka performa smart phone anda akan meningkat.
 

Start typing and press Enter to search