-->

6 Cara Menghemat Baterai Android Paling Efektif

- 2/08/2016
6 Cara Menghemat Baterai Android Paling Efektif | Cara menghemat baterai android yang sangat terkenal boros daya dan menjadi masalah umum yang dihadapi oleh para pengguna hp android. Borosnya baterai HP android bukan tanpa alasan. Kita tahu bahwa HP android merupakan gadget dengan multi fungsi. Semakin banyak fitur yang digunakan pada HP android maka akan semakin menguras daya baterai.

Cara menghemat baterai HP android terbaik tentunya adalah dengan mematikan fitur yang tidak lagi digunakan. Kita harus bijak dalam menggunakan semua fitur yang tersedia dalam HP android. Tidak semua fitur digunakan dalam waktu bersamaan dan  dalam keadaan tertetnu. Maka, pada saat fitur-fitur tersebut tidak dibutuhkan lebih baik matikan.

Bagaimana cara menghemat baterai HP android?
Agar lebih jelas berikut uraian tentang 7 cara menghemat baterai HP android.

6 Cara Menghemat Baterai Android

1.  Mengalihkan Jaringan Internet

Saat ini mungkin koneksi internet terbaik dan tercepat adalah pada jaringan 4G. Namun terkadang tidak semua kota di Indonesia sudah tersentuh jaringan 4G. Akibatnya jika HP android disetting pada jaringan 4G dan berada pada kota yang tidak ada jaringan 4G, HP android akan bekerja keras mencari sinyal terbaik. Hal ini akan menguras daya baterai. Maka tips terbaik untuk menghemat baterai android adalah dengan mengalihkan koneksi intenret kepada jaringan yang lebih memungkinkan. Jika ada pada jaringan hotspot atau wifi, lebih baik matikan koneksi internet dan beralih kepada jaringan wifi.

2. Matikan WiFi & Bluetooth Jika Tidak Digunakan

Sebaliknya, jika ada berada diluar jaringan wifi maka segera matikan WiFi dan Bloetooth. Karena ini juga sama akan menguras daya baterai. Jika ingin mengakses internet maka beralih ke jaringan selular. Jika kedua tidak memungkinkan, lebih baik matikan keduanya dan istirahat deh. Internetannya libur dulu. Hehehe.....

3. Gunakan GPS Seperlunya Saja

Kita tahu bahwa fitur GPS pada android adalah untuk mencari jalan ketika sedang bingung mencari alamat atau tesesat. Jika, kita sudah hafal betul dengan jalan yang dituju maka tidak perlu menggunakan GPS. Karena ini hanya akan menguras daya baterai secara sia-sia.

4. Mematikan Fitur Sync

Hp android memudahkan Anda mengetahui notifikasi email, facebook dan aplikasi lain secara live, namun bila Anda sedang tidak terlalu memerlukannya seperti saat liburan atau diperjalanan maka sebaiknya matikan fitur sync ini, namun konsekuensinya Anda tidak akan menerima notifikasi-notifikasi tersebut. Jangan khawatir, Anda tetep bisa melihat update terbaru dengan masuk ke aplikasi  yang Anda ingin lihat updatenya.

5. Kurangi Kecerahan Layar

Semakin cerah layar HP android maka semakin banyak daya baterai yang tersedot. Maka cara terbaik untuk menhemat baterai android adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar atau brighness layar.

6. Kurangi Volume & Matikan Getar

Volume dan getar dari pemberitahuan panggilan dan pesan singkat ataupun notifikasi aplikasi bisa menyedot daya baterai. Jika pada keadaan sendiri lebih baik kurangi volume, atau jika sedang rapat lebih baik di silent aja. Atau cara terbaiknya gunakan getar saja untuk menandai adanya pesan atau panggilan.


Nah itulah 6 cara menghemat baterai android paling efektif yang bisa anda lakukan pada smartphone android anda. Ingat gunakan semua fitur smarthpne androi dengan bijak. Karena tidak semua fitur dibutuhkan dalam waktu bersamaan. Jadi, aktifkan saja yang dibutuhkan.
 

Start typing and press Enter to search