-->

Cara Menjadikan Smartphone Sebagai Modem Tanpa Kabel Untuk Laptop

- 9/17/2015
Cara Menjadikan Smartphone Sebagai Modem Tanpa Kabel Untul Laptop | Kehadiran smartphone memang benar-benar memberikan banyak kemudahan. Banyak hal bisa dilakukan hanya dengan sebuah smartphone di genggaman. Tidak hanya dengan banyaknya aplkasi yang bisa mewakili aplikasi-aplikasi yang ada di PC atau laptop, tapi smartphone juga bisa digunakan sebagai alat lainnya, misal sebagai modem tanpa kabel.

Modem tanpa kabel atau modem nirkabel memungkinkan anda untuk mengakses internet dengan mudah dan gak ribet. Mungkin anda masih ingat ketika masih menggunakan sebuah modem HP yang masih menggunakan kebel untuk koneksinya, sangat ribet bahkan terkadang sinyal terganggu karena poisisi HP yang kuran tepat. Ketika ingin memnggeser possi HP kemudian terkendala dengan kebel yang tersambung ke laptop, huh.... repot.

Baca Juga : Cara Cek Tagihan Listrika via Internet dan SMS

Kejadian seperti itu tidak akan terjadi pada modem tanpa kabel dengan smartphone. Selain tidak repot berikut beberapa keuntungan menggunakan smartphone seabgai modem tanpa kabel.

Keuntungan Menggunakan Smartphone Sebagai Modem Tanpa Kabel

  • Koneksi internet mudah diakses hanya tinggal menghidupkan Bluetooth atau WiFi saja.
  • Bisa menikmati akses internet tanpa ribet.
  • Bisa dengan mudah memposisikan HP untuk mendapatkan sinyal terbaik tanpa mengganggu koneksi ke laptop sepanjang sinyal WiFi masih terjangkau.
  • Koneksi internet lebih stabil.
Bagaimana cara menjadikan smartphone sebagai modem tanpa kabel?
Untuk menjadikan smartphone sebagai modem tanpa kabel maka smartphone harus memiliki WiFi. Kabar baiknya, hampir semua smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan fitur WiFi. Selain untuk dijadikan sebagai modem, sebalinnya juga bisa digunakan untuk mencari koneksi internet untuk smartphone ketika jaringan yang disediakan oleh kartu selular memburuk.

Baca Juga : Inilah Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu

Cara menjadikan smartphone seabgai modem tanpa kabel

  1. Langkah pertama dalam menjadikan HP Android sebagai modem WiFi adalah menuju ke Settings atau Pengaturan pada ponsel Android masing-masing pengguna. Di sana ada Nirkabel dan Jaringan yang bisa kemudian dipilih.
  2. Selanjutnya, temukan Tethering dan Portable Hotspot menu; setelah itu munculah dua menu; Penambatan USB dan HotSpot WiFi portable.
  3. Pilih yang kedua atau HotSpot WiFi portable. Jangan lupa untuk membuat password bila dibutuhkan.
  4. Untuk membuat atau mengubah password supaya tidak banyak orang yang ikut nimbrung berinternet dengan modem Anda, bisa langsung ke pengaturan hotspot WiFi portable.
  5. Ada baiknya untuk mengecek lebih dulu apakah modem WiFi dari Android sudah sukses dengan mengecek PC atau laptop; jika cara HP Android jadi modem WiFi telah berhasil, di PC atau laptop pasti sudah langsung terdeteksi, maka pengecekan bisa dilakukan segera.
  6. Jika ingin menggunakan PC atau laptop dan mengakses internet dari modem WiFi Android tersebut, password yang diisikan harus sesuai dengan password yang sudah diatur tadi.
Nah itulah cara menjadikan smartphone sebagi modem tanpa kabel untuk laptop, namun cara ini akan sia-sia jika pada laptop tidak ada fitur WiFi-nya. Jadi pastikan kedua perangkat anda baik Smartphone maupun laptop memiliki WiFi.
 

Start typing and press Enter to search