-->

5 Fitur WhatsApp Yang Tidak Diketahui Banyak Orang, Sangat Berguna

- 8/06/2018
5 Fitur WhatsApp Yang Tidak Diketahui Banyak Orang, Sangat Berguna - Setiap melakukan update, WhatsApp selalu menambahkan fitur-fitur terbaru yang mungkin tidak diketahui oleh penggunanya. Hal ini karena sebagian besar pengguna whatsapp adalah pengguna pasif, mereka asam bisa chating dan telepon sudah cukup. Selain itu, dari pihak whatsapp juga kurang memberikan info-info fitur terbaru whatsapp kepada para penggunanya.

Nah, mungkin diantara anda ada yang belum tahu nih kalau ternyata whatsapp memiliki fitur atau manfaat yang tidak pernah anda tahu sehingga anda tidak pernah menggunakannya. Ada 5 fitur whatsapp bermanfaat yang akan saya berikan informasinya kepada anda. Dengan mengetahui 5 fitur tersembunyi dari whatsapp ini maka anda akan lebih professional dalam menggunakan whatsapp.

Baca Juga : Cara Menggunakan Kabel OTG Pada HP Android

5 fitur whatsapp canggih ini mulai dari cara membuat chating dengan style tertentu seperti bold, italik dan underline. Anda juga bisa mematikan status online, mencegah memori penuh dengan foto dan video dari whatsapp dan membakcup chating agar tidak hilang. Oke, saya yakin anda sudah penasaran dengan fitur-fitur ini, beriku informasi singkat mengenai fitur-fitur tersebut.

1. Agar Foto dan Video WA Tidak Tersimpan di Memori
Banyak media seperti foto dan video dari WA membuat memori cepat penuh. Selain itu, tampilan galery juga akan menjadi tidak beraturan. Tentu saja ini sangat mengganggu dan membuat penyimpanan data cepat penuh. Anda bisa mencegah memori HP anda penuh dengan foto dan video atau media lainnya dari WA dengan mematikan fitur simpan otomatis foto, audio, video dan dokumen WA. Silakan masuk ke menu pengaturan/ setting, kemudian klik menu Penggunaan data dan penyimpanan, klik pada menu saat menggunakan data seluler kemudin hilangkan ceklis pada Foto, Audio, Video dan Dokumen, klik juga pada menu saat menggunakan Wifi, lakukan hal yang sama.

Baca Juga : Cara Video Call Rame-Rame Dengan WhatsApp

Selain dengan cara diatas, anda juga bisa menggunakan tips menambahkan file nomedia pada folder WA. Silakan masuk File Explorer atau File Manager, kemudian klik dimana aplikasi WA tersimpan (biasanya pada penyimpanan internal). Cari folder WhatsApp kemudian buat file dengan nama .nomedia.

2. Membuat Chat Dengan Tulisan Tebal, Miring dan Garis Bawah
Mungkin anda pernah kan menerima chat denga variasi tulisan seperti tebal (bold), garis miring (italic) dan garis bawah (underline). Nah anda penasarn kan ingin tahu bagaimana cara membuatnya. Kalau di aplikasi office mudah ya, tinggal klik icon B/I/U maka style tulisan seperti itu sudah tercipta, tapi di WA bagaimana caranya.

Stop!!! Bagi anda  yang terbiasa dengan coding HTML jangan menggunakan cara anda di WA, karena itu tidak akan berhasil. Untuk membuat teks bold, italic dan underline di
WA berbeda dengan cara menggunakan coding HTML. Begini caranya :

  1. Teks Tebal = apit tulisan dengan bintang, contoh *TEBAL*
  2. Teks miring = apit tulisan denagn tanda underscore, contoh _MIRING_
  3. Teks dicoret = apit dengan tanda ~, contoh ~CORET~

3. Menyembunyikan Status Online

Menyembunyikan status online kadang diperlukan juga. Misal ketika kita tidak ingin terlalu direpotkan dengan berbagai macam pertanyaan di WA tapi masih tetap ingin membaca info-info dari teman-teman, maka menyembunyikan status online menjadi jalan terindah. Hehehe.....

Untuk bisa menyembunyikan status online, anda tidak bisa hanya menggunakan WA bawaan saja, anda memerlukan bantuan aplikasi Yowhatsapp atau Fouad Whatsapp, ini merupakan apk WA versi MOD, di dalamnya sudah banyak fitur keren salah satunya adalah untuk menyembunyikan status online.

4. Membackup Chat Agar Chat Tidak Hilang
Penting nih untuk melakukan backup terhadap chat WA. Mungkin anda chat WA yang sangat penting bahkan akan dijadikan sebagai pembuktian, maka anda harus membackupnya jangan sampai kehilangan chat penting tersebut.

Untuk membackup chat WA silakan anda masuk menu Setting, lanjut dengan klik menu Chating, pilih menu Cadangan Chat klik Cadangkan ke Google drive, pilih waktu pencandangan, mulai dari harian, mingguan, bulanan. Saran saya pilih harian saja agar setiap hari WA akan membackup chating anda.

Baca Juga : Kelebihan Android Go Yang Tidak Dimiliki Android Reguler

Dengan cara ini anda tidak akan kehilangan chating WA anda meskipun anda melakukan instal ulang WA ataupun mengembalikan HP ke pengaturan pabrik, dengan catatan saat anda menginstal kembali WA maka lakukan pemulihan data.

5. Cara Mengetahui Kapan Pesan Anda Dibaca
Nah kalau yang ini mungkin sebagian besar sudah tahu ya. Hmmm.... kalau untuk mengetahui kapan chat sudah dibaca tinggal lihat aja tanda centang pada pesan yang anda kirim. Kalua tanda centang masih satu, itu artinya pesan belum terkirim, kalau tanda centang sudah dua tapi masih hitam pesan sudah terkirim tapi belum dibaca, nah kalau tanda centand dua sudah biru itu artinya pesan sudah dibaca.

Baca Juga : Tips Mudah Meningkatkan Kecepatan Android Nougat

Untuk lebih detailnya jam berapa pesan anda diterima dan jam berapa dibaca, slakan anda pilih pesan yang ingin anda cek dengan menekan pesan beberapa detik sehingga terblok, kemudian klik tadan titik tiga di pojok kanan atas, kemudian klik info. Nah, info pesan ini menampilkan kapan pesan anda diterima dan kapan dibaca lengkap dengan jam dan menitnya.

Nah itulah 5 fitur WhatsApp canggih yang belum diketahui banyak orang tapi sangat berguna. Silakan anda coba dan praktikan sehingga anda akan lebih optimal dalam menggunakan WA. Semakin banyak fitur yang diketahui maka akan semakin banyak manfaat yang anda rasakan dari aplikasi chating berjuta umat ini. Hehehe.....

 

Start typing and press Enter to search